RESUME BERPIKIR KOMPUTASI

 1). STRUKTUR DATA

   Dalam istilah ilmu komputer, struktur data adalah cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau pangkalan data (database) sehingga lebih mudah diakses. Secara teknis, data dalam bentuk angka, huruf, simbol, dan lainnya ini diletakkan dalam kolom-kolom dan susunan tertentu. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar sebar (spreadsheet), pangkalan data, pengolah kata, citra yang dipampat (compressed image), dan pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.

   Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang terlihat oleh pengguna ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak terlihat oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan basis data (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata yang kolomnya berubah secara dinamis.

2). TREE DATA

   Struktur data tree, juga dikenal sebagai pohon, adalah struktur data yang digunakan untuk merepresentasikan hubungan hierarkis antara elemen-elemen data. Tree terdiri dari satu elemen khusus yang disebut root (akar) dan elemen-elemen lain yang disebut simpul (node/vertex).

   Simpul-simpul ini terhubung satu sama lain dengan cara yang tidak saling berhubungan, membentuk subtree atau cabang.

3). GRAPH DATA

   Dalam bidang ilmu komputer, sebuah graph dapat dinyatakan sebagai sebuah struktur data, atau secara spesifik dinamakan sebagai ADT (abstract data type) yang terdiri dari kumpulan simpul dan sisi yang membangun hubungan antarsimpul.

   Struktur data graph adalah bentuk implementasi dari teori graf yang mencakup definisi, dan hukum-hukum yang menyertainya, di mana struktur data ini berbentuk network atau jaringan, yang hubungan antarelemennya adalah many-to-many.

   Struktur data ini bergantung pada struktur graph dan algoritma yang digunakan untuk memanipulasi graph, di mana keterhubungannya tak terbatas antara entitas data.

   Struktur data graph secara eksplisit menyatakan keterhubungan ini sehingga pencariannya langsung (straight forward) dilakukan pada strukturnya sendiri.

   Secara umum terdapat dua macam representasi dari struktur data graph yang dapat diimplementasi, yaitu: 

- Adjacency list pada graph diimplementasi dengan menampilkan masing-masing simpul sebagai sebuah struktur data yang mengandung daftar dari semua simpul yang saling berhubungan.

- Adjacency matrix pada graph meliputi baris dan kolom dari matriks tersebut merepresentasikan simpul awal dan simpul tujuan dan sebuah entri di dalam senarai yang menyatakan apakah terdapat sisi di antara kedua simpul tersebut.

   Contoh penerapan struktur data graph adalah Informasi topologi jaringan dan keterhubungan antarkota-kota.

4). ALGORITMA 

   Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan manusia menghasilkan karya yang semakin canggih dan kompleks. Meskipun komputer dapat melakukan perhitungan lebih cepat daripada manusia pada umumnya, komputer tidak dapat memecahkan masalah tanpa diajarkan oleh manusia melalui urutan langkah (algoritma) yang telah ditentukan sebelumnya.

   Selain digunakan untuk menyelesaikan masalah oleh komputer, algoritma juga dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang membutuhkan serangkaian proses atau langkah-langkah prosedural. Untuk lebih memahami apa itu algoritma, mari kita pelajari apa artinya dari beberapa sumber.

   Pengertian umum dari suatu algoritma adalah urutan dari sejumlah langkah logis dan sistematis untuk memecahkan suatu masalah tertentu.

   Beberapa ahli menganggap algoritma sebagai urutan langkah-langkah yang harus diikuti dalam matematika atau perhitungan untuk memecahkan masalah lain, terutama komputer.

   Artinya semua susunan logis yang disusun dalam urutan sistem pembelajaran tertentu dan digunakan untuk memecahkan suatu masalah tertentu, dapat kita katakan seperti sebuah algoritma.

   Umumnya algoritma akan digunakan untuk dapat melakukan perhitungan, melakukan inferensi otomatis, dan mengolah data pada komputer dengan menggunakan software tertentu.

   Selain itu, Algoritma juga berisi serangkaian instruksi terbatas serta instruksi khusus untuk menghitung fungsi yang, ketika dieksekusi dan diproses, menghasilkan output tertentu dan kemudian berhenti pada kondisi terminasi yang ditentukan.

   Algoritma adalah suatu langkah atau metode yang telah direncanakan secara matang sehingga terurut dan terorganisir dengan baik dan biasanya digunakan untuk memecahkan suatu masalah dengan memberikan suatu instruksi sehingga menjadi suatu tindakan.

   Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), algoritma adalah suatu prosedur sistematis untuk menyelesaikan masalah matematika dalam langkah-langkah terbatas atau urutan pengambilan keputusan yang logis untuk memecahkan masalah tersebut.

   Dari pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa algoritma ini digunakan untuk menyelesaikan atau menyelesaikan suatu masalah dengan langkah-langkah logis yang terurut.

5). ALGORITMA MENURUT PARA AHLI 

   Donald Ervin Knuth menyebutkan algoritma adalah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan masalah tertentu.

   Sederhananya, algoritma adalah suatu langkah atau metode yang telah direncanakan secara matang agar berurutan dan tersusun rapi, serta sering digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan memberikan petunjuk tindakan.

6). EKSPRESI LOGIKA

   Ekspresi logika adalah proposisi yang dibangun dengan variabel logika yang berasal dari pernyataan atau argumen. Variabel logika berupa huruf tertentu yang dirangkai dengan perangkai logika, disebut ekspresi logika.

   Fungsi logika digunakan untuk memecah permasalahan yang berkaitan dengan penilaian terhadap pernyataan salah atau benar.

7). OPERASI LOGIKA

   Operasi logika adalah proses yang melibatkan beberapa operator logika seperti AND, OR, NOR, XOR dan operator logika lainnya yang menghasilkan nilai true dan false atau menghasilkan nilai benar dan salah, operasi logika ini sangat sering sekali digunakan di algoritma dan bahasa pemrograman dasar.

   Operator logika memiliki fungsi untuk melakukan pemeriksaan kesamaan nilai dari dua data atau lebih. Operator logika juga memiliki fungsi sebagai ekspresi yang dapat mengembalikan nilai dengan tipe boolean.

8). FLOWCHART 

   Flowchart adalah sebuah diagram yang menggambarkan alur proses atau alur logika suatu sistem. Flowchart menggunakan simbol-simbol standar untuk menunjukkan aktivitas, kondisi, dan alur logika dari proses yang digambarkan. Flowchart bisa digunakan dalam berbagai bidang, seperti pengembangan perangkat lunak, perencanaan bisnis, manajemen proyek, desain sistem, dan lain-lain.

   Flowchart dapat membantu dalam menentukan alur proses, menemukan kesalahan atau kekurangan dalam sistem, dan meningkatkan efisiensi suatu proses. Flowchart juga dapat digunakan untuk menjelaskan bagaimana suatu sistem bekerja pada orang yang tidak familiar dengan sistem tersebut. Flowchart dapat dibuat menggunakan software khusus atau dibuat secara manual menggunakan simbol-simbol standar.

Jenis jenis Flowchart: 

      1.Flowchart dokumen

      2.Flowchart data

      3.Flowchart sistem

      4.Flowchart program

 Contoh Flowchart: 

1. Flowchart Menghitung Luas Persegi Panjang


Flowchart dimulai dengan simbol terminator, kemudian simbol input/output data panjang dan lebar. Selanjutnya simbol proses untuk mencari luas dilanjutkan dengan simbol input/output lagi. Terakhir, flowchart diakhiri dengan terminator.

2. Flowchart Status Bilangan Genap atau Ganjil


Flowchart ini menentukan suatu bilangan genap atau ganjil. Pada flowchart ini ada simbol connector yang menyatakan sambungan flowchart pada halaman yang sama.

9). FLOWCHART DOKUMEN 

   Document flowchart adalah bagan alir untuk menganalisis alur dokumen dan informasi antar departemen atau unit dalam suatu organisasi.

   Biasanya, jenis flowchart ini dibagi menjadi beberapa kolom yang menunjukkan tiap-tiap departemen atau unit dalam organisasi.

   Flowchart jenis ini dibuat untuk mencari tahu alur setiap dokumen dalam suatu proses dari asal hingga tujuan akhirnya. Dengan begitu, Anda bisa menggambarkan asal dokumen, distribusi dokumen ke tiap unit, tujuan akhir dokumen, serta alur perpindahan dokumen dan informasi antar departemen.

10). FLOWCHART DATA

   Data Flow Diagram merupakan sebuah diagram yang menggambaran alur informasi suatu sistem dari awal pemrosesan input hingga menghasilkan output. DFD dapat dibagi menjadi logical DFD dan physical DFD. Logical DFD menggambarkan aliran data melalui sistem untuk melakukan fungsi tertentu dari suatu bisnis.

   Pembuatan DFD sebagai representasi visual membuatnya menjadi alat komunikasi yang baik antara user dan perancang sistem. Selain itu, diagram dapat menggambarkan seluruh alur kerja secara efektif dan lebih mudah dipahami. Struktur DFD memungkinkan dimulai dari gambaran yang luas dan memperluasnya ke diagram yang detail.

11). FLOWCHART SISTEM

   System flowchart adalah jenis flowchart yang menampilkan keseluruhan tahapan atau proses kerja yang sedang berlangsung di dalam sistem.

   Jenis flowchart ini tak selalu menjelaskan setiap proses secara mendetail, tapi menampilkan urutan dari proses dan media yang digunakan saja.

12). FLOWCHART PROGRAM 

   Program flowchart adalah jenis flowchart yang memberikan keterangan lebih mendetail tentang setiap langkah atau prosedur.

   Bisa dibilang, program flow chart adalah versi lanjutan dari system flowchart. Di sini, setiap prosesnya akan dijelaskan secara lebih detail.

13). SIMBOL- SIMBOL FLOWCHART 

1. Terminator 

Mengutip buku Buku Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Bahasa Pemrograman Java oleh Yuniarsyah, simbol ini mewakili awal dan akhir dari flowchart atau suatu kegiatan. Adapun nama lain dari simbol ini adalah Start/End Symbol.


2. Input/Output 

Simbol input/output berbentuk jajargenjang. Fungsinya adalah untuk menyatakan proses input/output tanpa tergantung jenis peralatannya.


3. Proses

Selanjutnya adalah simbol proses. Tujuannya adalah menyatakan suatu tindakan atau proses pada komputer.

4. Preparation 

Simbol preparation memiliki tujuan untuk menyiapkan suatu variabel atau tempat penyimpanan suatu pengolahan data atau pemberian awal.

5. Arus Proses

Simbol ini berfungsi untuk menghubungkan antara simbol satu dan simbol lain atau menyatakan jalannya arus dalam suatu proses. Simbol ini sering disebu juga dengan connecting line.

6. Decision

Simbol selanjutnya adalah decision. Decision menyatakan awal dan akhir flowchart atau program suatu kegiatan.
7. Connector 

Simbol connector berbentuk lingkaran. Fungsinya adalah menyatakan sambungan dari satu ke proses lain dalam halaman yang sama.

8. Predifine Proses

Simbol ini menjelaskan pelaksanaan suatu alur dalam diagram alur. Predifine proses juga menyatakan arti sebuah proses yang merujuk dari tempat lain pada halaman kerja flowchartmu.

9. Offline Connector

Offline Connector kebalikan dengan connector. Simbol ini menyatakan sambungan dari satu ke proses ke proses lain pada halaman yang berbeda.

10. Document

Fungsi dari simbol document adalah merepresentasikan input atau output dari dokumen pada flowchart. Tujuannya adalah untuk menjelaskan bentuk masukan dari dokumen dan bentuk keluaran dari sebuah bagan alur.



Komentar

Postingan populer dari blog ini